Skip to content
: kantor.bahasamalut@kemdikbud.go.id

Produk

Produk

1 2 3
Ayo Membaca

Bahan bacaan untuk anak usia pramembaca.

Tiga Sahabat dan Pohon Tumbang

Bahan bacaan untuk anak usia PAUD.

Mengunjungi Rumah Adat Sasadu

Bahan bacaan untuk anak usia SD 1, 2, dan 3.

Namo Baikole

Buku ini berisikan kumpulan cerita rakyat Tidore berbahasa Tidore dan Indonesia.

Dola Bilolo Dalil Moro Se Mangale

Buku ini berisikan kumpulan pribahasa dan pantun Tidore .

Hikayat Jojau

Buku ini berisikan kumpulan cerita rakyat Tidore berbahasa Tidore dan Indonesia.

Kabata & Cerita Rakyat Tidore

karya sastra berisi budaya sebuah bangsa baik yang diceritakan secara tersirat atau tersurat. Budaya itu dapat berupa cara hidup, nilai-nilai atau kepercayaan

Mulok Tingkat
SD Kls 4 : Ayo Berbahasa Tidore

Muatan Lokal untuk anak SD Kelas 4 Bahasa Tidore.

Kamus Dwi Bahasa Indonesai-Tidore

Kamus Dwibahasa Tidore-Indonesia ini merupakan salah satu upaya kerja Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara. Lema dalam kamus ini disusun menurut abjad, yaitu dari abjad A sampai Z dengan jumlah yang masih terbatas, yaitu berjumlah 1.167 lema

Hayal Ai Tumbak

Judul                    : Hayal Ai Tumbak

Penulis                : Rahmatia Kadir

Tebal Halaman  : xi + 75 halaman

Ukuran                : 14,5 x 21 cm

ISBN                    : Masih dalam proses

Link Unduh         :Buku Digital

Sinopsis              :

Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Zury dan teman-temannya (Fiky, Iki dan Ami) yang tinggal di Orimakurunga, sebuah desa kecil yang berada di pesisir pantai yang terletak di Kayoa Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan. Mereka sering menghabiskan waktu bersama bermain dan berenang di pantai ketika waktu luang atau libur sekolah. Satu bulan menjelang Ramadhan, Zury dan teman-temannya begitu antusias ikut serta dalam menjalankan tradisi Hayal Ai Tumbak. Hari pertama, mereka menyiapkan alat-alat untuk menebang pohon dan saloi. Mereka pergi mengambil kayu bakar di Magori menggunakan perahu peninggalan ayah Zury. Matahari terik di siang hari tak mengurungkan semangat dan keceriaan mereka dalam mengumpulkan dan menyusun kayu bakar.

Nana Se Boneka Panda

Judul                    : Nana Se Boneka Panda

Penulis                : Ryan M. Khamary

Tebal Halaman  : xi + 69 halaman

Ukuran                : 14,5 x 21 cm

ISBN                    : Masih dalam proses

Link Unduh         :Buku Digital

Sinopsis              :

Nana seorang anak perempuan yang sedari kecilnya tinggal bersama sang nenek yang pada saat itu dia tinggal terpisah dari kedua orang tua dan saudarannya, namun pada suatu waktu ada hal mendesak yang membuat dia harus diantar neneknya pindah ke Jayapura dan tinggal bersama dengan Mak’denya dan
harus berpisah dari neneknya. Hingga pada suatu hari akhirnya Nana bisa berkumpul kembali dengan kedua orang tua dan sanak saudaranya. Ditengah-tengah kebahagiaan yang sedang dia rasakan tiba-tiba ada hal menyedihkan yang harus dia hadapi, beruntungnya ada sebuah boneka panda yang turut menemani dia dalam situasi berat itu hingga bisa membantu Nana untuk bisa kembali berbahagia bersama keluarganya.

Galao Ma Permata

Galao Ma Permata

Penulis               : Ummulkhairy M. Dun
Tebal Halaman : xi + 79 hlm. 
Ukuran              : 14,5 x 21 cm
ISBN                   : Masih dalam proses
Link Unduh       : Buku Digital
Sinopsis             :

        Alkisah di sebuah kampung bernama Galao yang berada di Halmahera Utara hiduplah sebuah keluarga kecil yang hidup bahagia, beranggotakan Ayah, Ibu, dan empat orang anak perempuan. Anak sulung dari keluarga ini, Tata dia sangat gemar membaca terutama buku cerita rakyat. Bagi Tata dengan membaca dia jadi mengetahaui banyak hal dan mendapatkan ilmu baru. Selain membaca dia juga suka mendongeng, hal ini sering dilakukan dirumah saat malam hari menjelang mereka tidur. Tata belajar mendongeng dari Ibunya yang juga sering mendongeng untuk Tata dan adik-adiknya.                                                                     Pada suatu hari Tata membaca sebuah kisah cerita rakyat yang mana dalam cerita tersebut membuat Tata khawatir apabila kisah di cerita tersebut terjadi dalam kehidupan keluarganya. Syukurlah dia memiliki keluarga, Ibu dan Ayah yang selalu bisa menenangkan dan meyakinkannya bahwa kisah cerita rakyat tersebut tidak akan pernah terjadi dalam kehidupan mereka.

Ahmad, Tete Kana Ma Dano yang Una Duka Se Gogoru

Ahmad, Tete Kana Ma Dano yang Una Duka Se Gogoru

Penulis               : Syafitri Zahra
Tebal Halaman : xi + 57 hlm.
Ukuran              : 14,5 x 21 cm
ISBN                   : Masih dalam proses
Link Unduh       : Buku Digital
Sinopsis             :

Cerita ini berkisah tentang Ahmad dan kakek Kana. Ahmad, anak kecil yang berjiwa kritis, penuh rasa ingin tahu. Kakek Kana, kakek kesayangannya sekaligus teman berbagi cerita, pemberi nasehat dan juga guru tempat menimba ilmu. Kisah Ahmad dan kakek Kana ini dikemas dalam tujuh cerita pendek bertemakan ilmu pengetahuan yang memiliki nilai-nilai moral: Ahmad dan  Cerita Sultan Nuku Pala, Buah Kecil yang Mendunia, Hutan adalah Nafas Kehidupan, Puta Dino, Kembali karena Cinta, Tradisi Bambu Gila, Antara Tifa dan Belajar Matematika dan Soya-soya Penuh Warna.   

Kamus Dwibahasa Buli-Indonesia

KAMUS DWIBAHASA BULI-INDONESIA

Penulis               :  Wa Ija Abdul Malik, dkk 
Tebal Halaman : XVI + 154 hlm.
Ukuran              : 14,5 x 21 cm
ISBN                   : Masih dalam proses
Link Unduh       : Buku Digital

Sinopsis:

Kamus Dwibahasa Buli-Indonesia merupakan salah satu upaya kerja Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara melalui salah satu kegiatan kebahasaan dalam rangka mendokumentasikan bahasa daerah yaitu bahasa Buli di Kabupaten Halmahera Timur. Lema dalam kamus ini disusun menurut abjad, yaitu dari abjad A sampai Y dengan jumlah yang masih terbatas, yaitu berjumlah 1050 lema. 

Buku suara (audiobook)

Mangkubumi Rade

Cerita dalam buku Antologi Cerita Rakyat Tidore, Hikayat Jojau. Penulis cerita: M. Amin Faroek dan Ryan M. Khamary. Versi cetak dan digital: Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara tahun 2021. Pencerita: Mariati Atkah (narator utama), Anjasmoro Wibowo (Kaicil Rade), dan Supriadi (Gubernur Antonio Galvao). Ilustrasi musik: Folakatu Art Tidore (Dance Tidore).

Kucing Bermata Besar dan Kera Hitam

Salah satu cerita dalam Antologi Cerita Rakyat Tidore, Namo Baikole. Cerita oleh Ryan M. Khamary. Versi cetak dan digital oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Tahun 2021. Pencerita: Sri Rejeki Manalu. Ilustrasi musik oleh Joe Alfaraby/Mixroba Studio.

Mengunjungi Rumah Adat Sasadu

Cerita: Eva Yenita Syam. Versi cetak dan digital: Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Tahun 2019. Pencerita: Fadriah Syuaib. Ilustrasi musik: Fadriah Syuaib.