Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitasi Pengembangan Bahan Ajar BIPA pada tanggal 29—30 Mei 2023 di Aula Waterboom Ternate, Jalan Kayu Merah, Ternate Selatan, Kota Ternate. Kegiatan ini telah diikuti oleh 15 lembaga, yakni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Ternate, Himpunan Pramuwisata Indonesia Provinsi Maluku Utara, Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun Ternate, Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, AIKOM, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Dinas Pariwisata Kota Ternate, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Ternate, Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Ternate,  Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara, STKIP Kie Raha, PT Wanatiara Persada, dan Ternate Heritage Society.

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitasi Pengembangan Bahan Ajar BIPA ini bertujuan memfasilitasi lembaga pemerintah dan swasta dalam mengembangkan bahan ajar BIPA di Maluku Utara Narasumber yang terlibat berjumlah tiga orang, yaitu Niken Prawitasari, S.Pd. (Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa) dengan materi “Karakteristik Pemelajar BIPA” dan “Wawasan Kebahasaan dalam Bahan Ajar”, Dr. Farida Maricar, M.Hum. (UPT Bahasa Universitas Khairun Ternate) dengan materi “Bahan Ajar Berkonteks Lokal sebagai Media Pembelajaran BIPA di Maluku Utara”, dan Muhammad Fhadli, S.Kom., M.Sc. (Fakultas Informatika Universitas Khairun Ternate) dengan materi “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran BIPA”. Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara berharap lembaga pemerintah dan swasta yang ada di Kota Ternate dapat menyelenggarakan program BIPA dengan membuka kelas belajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing, wisatawan asing, dan tenaga kerja asing. Hal ini merupakan bentuk dukungan penginternasionalan bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *