Skip to content
: kantor.bahasamalut@kemdikbud.go.id

Pembinaan Literasi Generasi Muda di Kota Tidore Kepulauan

Pembinaan Literasi Generasi Muda di Kota Tidore Kepulauan

Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Literasi Generasi Muda: Penulisan Kreatif pada tanggal 29 Agustus 2022 di Hotel Visal, Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang pelajar SMA/sederajat yang berada di Kota Tidore Kepulauan. Ketua Panitia Kegiatan Pembinaan Literasi Generasi Muda Arini Yuniarty Buamona, S.E., M.Si. mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pada acara pembukaan kegiatan dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum. mengatakan bahwa literasi adalah istilah umum yang merujuk pada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Lebih lanjut, Arie menuturkan, “Kegiatan Pembinaan Literasi Generasi Muda yang berupa Bengkel Penulisan Kreatif bagi Generasi Muda di Kota Tidore Kepulauan memiliki tujuan khusus, yaitu mengasah keterampilan generasi muda dalam penulisan karya kreatif yang menghasilkan bahan bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat”.

Sebagai informasi tambahan, Gerakan Literasi Nasional merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara. Kegiatan tersebut diselenggarakan di seluruh kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Maluku Utara. Bentuk Kegiatan Gerakan Literasi Nasional sangat beragam, di antaranya kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan, Pembinaan Kreativitas Menulis dan Membaca, Pembinaan Literasi Digital, dan Pembinaan Pengelolaan Komunitas Literasi, baik yang ada di masyarakat maupun di sekolah. Keterlibatan semua pihak dalam menggerakkan literasi tentu akan semakin meningkatkan budaya literasi di Maluku Utara. (Abe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *