Bobong, 15 Agustus 2022. Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi yang dihadiri oleh 35 orang pegiat literasi di Kabupaten Pulau Taliabu.

Nurul Istiqamallah, S.H., M.H., selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan yang digelar pada hari Senin, 15 Agustus 2022 ini berlangsung selama satu hari. Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari perwakilan Dinas Pendidikan Kab. Pulau Taliabu dan Dinas Perpustakaan Kab. Pulau Taliabu, serta Ketua Komunitas Literasi Lipu. Adapun materi yang disampaikan, antara lain Kebijakan Literasi Daerah oleh Husnita Usman, S.Pd., M.Pd. dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Peningkatan Minat Literasi pada Generasi Muda oleh Ismit Muhdin, S.Fil. I. dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Pulau Taliabu, dan Penulisan Kreatif Nonfiksi Berbasis Hasil Bacaan oleh Risto Sangaji dari Komunitas Literasi Lipu. Lebih lanjut, Nurul menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri atas perwakilan dari beberapa komunitas pegiat literasi yakni, Taliabu Story, Lipu, Lingkar Literasi Taliabu, Taman Baca Masyarakat Ceria, Anak Pelajar Pecinta Alam, KNPI, Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online, Seho Dive Taliabu, PB Himpunan Mahasiswa Taliabu, dan DPD Karang Taruna Muda Bhakti.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Dr. Arie Andrsyah Isa, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pulau Taliabu ini bertujuan untuk meningkatkan peran komunitas agar dapat menggiatkan generasi muda dalam literasi khususnya pada minat baca dan tulis. “Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pilar yang memperkuat gerakan literasi di Maluku Utara khususnya di Kabupaten Pulau Taliabu”, tuturnya. Dijelaskan pula bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Pusat  Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai upaya untuk menghimpun semua potensi dalam menumbuhkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Kegiatan yang sama  telah dilaksanakan di beberapa daerah yakni, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Selaras dengan tujuan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Citra Puspa Sari Mus, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya menjelaskan bahwa literasi dipahami sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis. “Membaca dapat diartikan sebagai proses menerjemahkan lambang-lambang bahasa hingga diproses menjadi suatu pengertian, dan menulis berarti mengungkapkan pemikiran dengan mengukirkan lambang-lambang bahasa hingga membentuk suatu pengertian”. Citra mengatakan bahwa literasi adalah suatu kegiatan untuk menggerakkan aktivitas membaca dan menulis. “Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini. Kita dapat melatih diri untuk lebih terbiasa dalam membaca dan membiasakan seseorang untuk dapat menyerap informasi yang dibaca”, kata Citra. Dikatakan pula bahwa peserta pegiat literasi sudah seharusnya mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat menggerakkan literasi dasar membaca dan menulis di Kabupaten Pulau Taliabu. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama”, sambutnya. Ditegaskan oleh Citra bahwa komunitas penggerak literasi dan  pemerintah daerah harus bergerak bersama-sama dalam mengembangkan pemberdayaan literasi di Kabupaten Pulau Taliabu. “Kami harapkan dengan adanya kegiatan ini, komunitas literasi dapat menjadi inisiator dalam membantu pemerintah untuk memajukan pendidikan khususnya di Pulau Taliabu”, tegasnya. Citra mengakhiri sambutannya dengan pantun sekaligus membuka acara kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pulau Taliabu secara resmi.

  Rumah Kopi memiliki lobi
  Tempat membuat kopi serabi
  Jika membaca dijadikan hobi
  Ilmu yang didapat bertubi-tubi

  Ayam jantan ayam yang tangguh
  Induknya dijual di Kawalu
  Membacalah dengan sungguh-sungguh
  Agar kepala penuh dengan ilmu

(Abe)

2 thoughts on “Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Menggelar Kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pulau Taliabu”
  1. Menyikapi kunjungan dari kantor bahasa provinsi Maluku Utara ke kab.pulau Taliabu beberapa hari lalu,sebelumnya pernah juga ada kunjungan dari kantor yg sama terkait dengan literasi,tapi kunjungan itu tidak ada kelanjutannya,padahal sebelum kunjungan yg terkait dengan literasi itu di SMPN 1 Talbar sudah kami lakukan beberapa tahun sebelumnya,dan sampai sekarang literasi itu tetep jalan sampai sekarang yg di lanjutkan oleh temen-teman guru yg lain karena saya sudah tugas di sekolah yg berbeda,dan di sekolah yg baru ini buku literasi sangat kurang ( hanya sekitar 10 buah).Untuk itu kepada kantor bahasa provinsi Maluku Utara bisa memberikan bantuan buku literasi agar bisa saya lakukan literasi di sekolah yg baru ini seperti di sekolah SMPN Talbar.Salam Litersi

    1. Yth. Bapak La SaharaTerima kasih atas tanggapan positif bapak melalui laman Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, permintaan buku bapak  minta kami akan coba faslitasi atau coba mengirimkan surat kepada kami. agar bisa lanjutkan ke eslon 1 kami di Jakarta (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) dan seluruh Balai/Kantor Bahasa yang ada di Indonesia. sertakan alamat penerima buku yang jelas dan uraikan alasan permintan misalnya sebagai daerah 3T agar cepat di Respon. 
      Sekedar informasi kami sampaikan pada bulan Juli 2022 melalui eselon 1 Kami yakni Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengirimkan buku-buku bacaan keseluruh sekolah negeri dan swasta yang di Pulau Taliabu (Daftar terlampir)Demikian yang dapat kami informasikan kepada bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *