PROGRAM KERJA DUTA BAHASA PROVINSI MALUKU UTARA TAHUN 2022

Duta Bahasa  2022–2023: Filsah Zulfakar dan Nurdiana A.Quilo

Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Utara Tahun 2022 untuk masa jabatan Tahun 2022—2023. Pemilihan Duta Bahasa dilakukan melalui proses seleksi yang ketat pada tahap awal.Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak empat puluh tiga (43) orang. Setelah dilaksanakan seleksi, terpilihlah sepuluh orang sebagai finalis. Para finalis memaparkan program yang berkaitan dengan kegiatan pelestarian bahasa daerah dan pengutamaan bahasa Indonesia serta literasi. Peserta yang terpilih mewakili Maluku Utara dalam penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Nasional adalah Filsah Zulfakar dan Nurdiana A.Quilo.

Disela-sela kegiatan ini bertempat di Hotel Sahid tanggal 17 Juni 2022,pasangan Duta Bahasa Tahun 2022 Filsah Zulfakar dan saudari Nurdiana A Quilo menyampaikan bahwa dalam upaya melestarikan bahasa daerah dan pengutamaan bahasa Indonesia sesuai fungsinya akan menjalankan progam-program kebahasaan dan literasi melalui beberapa metode pengajaran

Alughram merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan minat generasi muda dan khalayak umum terhadap literasi bahasa melalui metode gamifikasi (gamification method) dan animasi di platform instagram. Alughram adalah akun media sosial yang menyediakan unggahan konten animasi atau gambar untuk mempelajari bahasa serta dapat diterapkan diinstagram dan diakses oleh siapapun dan dimanapun. Alughram memungkinkan para pelajar untuk dapat mempelajari bahasa (Indonesia, daerah, dan asing) melalui konten animasi singkat yang tersedia di unggahan media instagram. Pemanfaatan media ini terbukti cukup efektif dan fleksibel. Dengan mengaplikasikan metode gamifikasi serta pemanfaatan fitur Instagram, Alughram menyediakan pembelajaran bahasa dalam bentuk konten permainan (games), kuis, materi video, dan gambar melalui fitur unggahan ceritasingkatinstagram.

Webtoon literasi adalah program kerja yang sasarannya ditujukan kepada generasi mudauntuk meningkatkan minat membaca atau literasinya. Melihat faktanya, generasi muda saat ini bosan ketika dihadapkan dengan tulisan yang begitu banyak, maka program webtoon literasi ini menghadirkan nuansa baru yaitu dengan menyajikan gambar dan kolaborasi cerita di dalamnya, serta mengandung edukasi. Selanjutnya media yang akan digunakan untuk menyebarluaskan melalui media Instagram.

Podcast linguamaya adalah program yang sasarannya kepada masyarakat daerah, masyarakat Indonesia bahkan internasional. Saat ini melihat realita banyak masyarakat daerah yang belum mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Maka dari itu, podcast ini dapat memberikan manfaat karena konten yang akan disajikan sederhana dan mudah dipahami. Selanjutnya, podcast linguamaya dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang belum mengetahui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adapun bagimasyarakat internasional yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia, maka salah satu upaya yang kami lakukan adalahbekerja sama dengan kolega asing untuk mengajak teman-temannya yang berminat belajar bahasa Indonesia bisa langsung mendengarkan maupun menonton Podcast linguamaya dengan tamu profesional yang dihadirkan dalam poscast tersebut.Selanjutnya, media yang digunakan adalah spotify dan youtube. Pemilihan media sportify agar memudahkan pendengardapat diakses dimana saja dan kapan saja bahkan ketika sedang melakukan aktifitas lainnya.

Program-program tersebut merupakan rencana kerja Duta Bahasa Terpilih dalam melestarikan bahasa daerah, mengutamakan bahasa Indonesia, dan menggiatkan literasi baca di Provinsi Maluku Utara. “tutur Filsah Zulfakar dan Nurdiana A.Quilo.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *