Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah di Provinsi Maluku Utara Tahun 2021

Invetarisasi Kosakata Bahasa Daerah

Upaya pengembangan bahasa Indonesia dilakukan, di antaranya, melalui peningkatan daya ungkap bahasa Indonesia. Peningkatan daya ungkap dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dilakukan melalui penjaringan kosakata bahasa-bahasa daerah yang sangat banyak, kaya, dan beragam. Pengayaan kosakata bahasa Indonesia melalui kosakata bahasa daerah akan lebih memperlihatkan salah satu ciri lain bahasa Indonesia, yaitu sarat dengan unsur bahasa-bahasa daerah yang kaya (petunjuk teknis pengayaan kosakata: 1).

Terkait denganupaya pengembangan bahasa Indonesia, Kantor Bahasa ProvinsiMaluku sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologimelaksanakan inventarisasi kosakata bahasa daerah tahun 2021.Ada pun kosakata yang diinventarisir meliputi kosakata budaya, kosakata istilah, dan ungkapan umum yang terdapat pada bahasa-bahasa daerah di Provinsi Maluku Utara. Kegiatan Inventarisasi kosakata bahasa daerah menyasar beberapa bahasa daerah di tiga kabupaten se-Provinsi Maluku Utara, yakni bahasa Ibo/Ibu di Desa Gamlamo, Kecamatan Ibu, dan bahasa Sahu di Desa Loce, Kecamatan Sahu,Kabupaten Halmahera Barat, yangdilaksanakan pada tanggal 8—15 Maret 2021. Dari inventarisasi kosakata bahasa daerah di Kabupaten Halmahera Barat, tim berhasil menginventarisir 216 kosakata bahasa Ibo dan 212 kosakata bahasa Sahu.Lebih lanjut, kegiatan inventarisasi kosakata bahasa daerah juga dilaksanakan di Desa Towara, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara pada tanggal 23—30 Maret 2021, dengan perolehan 247 kosakata bahasa Galela. Selain itu, tim juga menginventarisir kosakata bahasa Bajo dengan 74 kosakata di Desa Bajo dan kosakata bahasa Sula sebanyak 252 kosakata di Desa Umaloya Kabupaten Kepulauan Sula pada tanggal 1—7 April 2021.Setelah diinventarisir, kosakata bahasa daerah tersebut di-SKBD-kan (Sidang Komisi Bahasa Daerah) pada tanggal 26—27 Oktober 2021 setelah melalui proses verifikasi di masing-masing daerah pengamatan.

Secara keseluruhan, total 1.104 kosakata bahasa daerah dari tiga daerah pengamatan telah diusulkan tim Analis Kata dan Istilah Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara ke Aplikasi Kompilasi Kamus pada Kamus Besar Bahasa Indonesia daring edisi ke-5 (KBBI Daring) sebagai usulan kantor bahasa pada tahun berjalan. Usulan yang telah diunggah ini diharapkan dapat memperkaya khazanah kosakata bahasa Indonesia.

Penulis:Husnia M. Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *