Diseminasi Penyusunan Kamus Percakapan Bahasa Indonesia bagi Wisatawan

Diseminasi Penyusunan Kamus Percakapan

Kegiatan Diseminasi Penyusunan Kamus Percakapan Bahasa Indonesia bagi Wisatawan adalah sebuah kegiatan layanan profesional ke-BIPA-an Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Tahun Anggaran 2021. Kegiatan ini bertujuan menyebarkan informasi bahan layanan profesional ke-BIPA-an, mengetahui jumlah penutur asing (wisatawan) yang berada di Maluku Utara, dan meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2021 di Hotel Grand Majang Ternate. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum. dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Dr. Rizal Marsaoly, S.E., M.M. dari Dinas Pariwisata Kota Ternate dan RintoTaib, M.Si., dari Dinas Kebudayaan Kota Ternate.

Peserta kegiatan berjumlah 15 orang dan berasal dari Dinas Pariwisata Kota Ternate, Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Kantor Imigrasi Kelas I Kota Ternate, FKIP Universitas Khairun Ternate, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, STKIP Kie Raha, IAIN Ternate, Hotel Sahid Bela Internasional Ternate, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Maluku Utara, dan Ternate Heritage Society

Hasil dari kegiatan ini adalah tersebarnya informasi layanan profesional ke-BIPA-an bagi masyarakat, terperolehnya jumlah wisatawan asing yang datang ke Maluku Utara, dan terbukanya peluang internasionalisasi bahasa Indoneisa.

Penulis: Noormala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *